Cara Membuat Kabel UTP Straight dan Cross

Pada kali ini, saya akan share bagaimana cara membuat kabel UTP baik secara straight maupun cross, sebelum mulai tentunya ada alat dan bahan yang diperlukan, adapun alat dan bahan yang diperlukan adalah :
1. Tang Krimping
2. Kabel UTP
3. Pengupas Kabel
4. Konektor RJ-45



Alat dan bahan



Langkah - Langkah : 

1. Mengupas Kabel UTP
Ukur kabel kurang lebih 3 cm, lalu kupas ujungnya menggunakan alat pengupas kabel atau bisa juga menggunakan tang krimping, pada bagian yang memiliki dua silet yang saling berhadapan, usahakan tidak memotong kabel bagian dalam karena dapat mengakibatkan koneksi tidak dapat terjadi.


2. Pisahkan kabel dan susun sesuai kebutuhan
Setelah bagian luar kabel terlepas biasanya akan ada bagian dalam kabel yang saling menempel, agar kabel dapat dibuat pisahkan kabel yang menempel lalu rangkai menjadi bentuk kabel straight atau cross, berikut adalah urutan kabel straight dan cross.

Gambar di atas adalah urutan untuk kabel Straight

Gambar di atas adalah urutan untuk kabel Cross

3. Meluruskan dan meratakan ujung kabel
Potong ujung - ujung kabel yang tidak rata menggunakan tang krimping pada bagian yang memiliki 1 bilah pisau dan sebuah bagian datar. Usahakan kabel yang akan dipotong tidak lebih dari 1cm.


4. Memasukkan kabel ke konektor RJ-45
Masukkan kabel berurutan sesuai dengan urutan, misal kabel straight dari putih orange, orange hingga ke coklat dan hijau putih, hijau hingga ke biru putih, pemasangan harus membutuhkan ketelitian tinggi karena jika salah satu kabel saja akan berakibat kabel tidak dapat terhubung.


5. Mengkrimping Kabel
Setelah dirasa urutan sudah benar, lakukan pengkrimpingan dengan menggunakan tang krimping, tekan tang sekuat tenaga agar pin dapat menembus ke pelindung kabelnya.


6. Membuat ujung yang lain
lakukan langkah - langkah diatas untuk membuat bagian ujung kabel, gunanya apa? ya untuk menghubungkan PC ke PC lain atau perangkat jaringan lain tentunya. Tapi tetap tidak boleh sembarangan karena tiap kabel punya fungsi tersendiri, yaitu kabel straight untuk menghubungakn antara PC ke switch atau hub, dan kabel cross untuk menghubungkan PC ke PC atau Switch ke Switch lain.

Selesai, 

Kabel telah dibuat, namun perlu dilakukan pengecekan apakah berfungsi dengan baik atau tidak, jika tidak berhasil ada kemungkinan kesalahan dan diharuskan mengulang kembali dari awal,

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada video di bawah ini:




Semoga Bermanfaat









1 comment: