Cara Setting DHCP Relay di Cisco Packet Tracer

Halo Masyarakat internet yang berbahagia, kali ini saya akan membagikan cara setting DHCP secara relay, untuk pengertiannya sih, menurut saya DHCP Relay itu metode untuk mendapatkan IP address secara Otomati dari dua jaringan yang berbeda, nah buat cara lengkapnya  langsung aja kita mulai.


Pertama agan dan sista buat dulu simulasi atau topologinya seperti gambar berikut, atau kalo mau dicostum juga boleh kok xD




Langkah 1

Pertama, ubah dulu nama routernya sesuai keinginan kita konfigurasi dulu alamat ip dari masing – masing interface (GigabitEthernet 0/0 dan 0/1), dan jangan lupa di hidupkan ya dengan ketik “no shut” pada tiap interface serta disave dengan cara ketik “write” atau “copy running-config startup-
config.



Langkah 2

Lalu kita pindah setting ke DHCP servernya, setting gatewaya dengan IP interface 0/1, dan DNSNya asal aja xD saya menggunakan 8.8.8.8.




Langkah 3

Masih di DHCP server, kita atur DHCP dengan piilih menu service lalu DHCP, hidupkan server DHCP dan setting sesuai gambar.



Langkah 4

Nah ini langkah yang paling penting, setting IP helpernya agar PC yang di network A dapat IP dari DHCP server di network B, dengan cara masuk ke interface gigabitEthernet0/0 dan setting sesuai gambar.




Langkah 5

Pindah lagi ke DHCP Server, pilih service dan DHCP, nah ini adalah settingan agar PC di network A mendapatkan IP secara otomatis, agar lebih mudah dapat dilihat di gambar.



Langkah 6

Jika sudah, pilih salah satu PC di network A, pilih desktop dan pilih IP Configuration, pilih DHCP untuk mendapatkan IP secara otomatis, jika IP sesuai dengan gambar maka settingan telah berhasil.



Untuk pengujian bisa dilakukan dengan melakukan PING ke Router atau ke server DHCP Langsung



Kalo semisalnya kurang bisa dipahami bisa di Klik di video dibawah




Semoga bermanfaat ^^

No comments:

Post a Comment