Cara Setting DHCP DI Cisco Packet Tracer

Ululululululu Balik lagi sama “Empunya Blog” yang seperti biasa menulis artikel saat sedang ngantuk ngantuknya dengan ikhlas tanpa pamrih xD..
Kali ini saya akan menshare tentang Setting DHCP pada Cisco Packet Tracert, bagi yang belum tau, DHCP itu adalah metode untuk mendapatkan IP Address secara otomatis saat sebuah PC merequest pada suatu server.

Wizz tanpa panjang lebar langsung naek roket ke TKP xD

Langkah 1

Siapin dulu gan bahan bahannya seperti di gambar, di sini sih saya pake 1 Router (2811), 1 Switch (2960) dan 2 buah PC, oiya gak lupa kasih IP Network dan Routernya (ini sih random tergantung selera agan dan sista sekalian, biar lebih gampang mah,saya pake IP Kelas C).



Langkah 2

Nah karena saya susah mau jelasin biar lebih gampang dan efisien agan dan sista liat di gambar konfigurasinya.


Langkah 3

Oke for your info, pada bagian no 1 ada konfigurasi descrition tu fungsinya untuk mengarahkan kemana koneksi akan dituju, sebagai contoh, di sini saya arahkan koneksinya dari router ke PC client. Bagian Nomor 2, untuk mengatur alamat IP dari Router dan subnet masknya, biasanya sih kalo kelas C pake Subnet 255.255.255.0. Dan nomor 3 “IP dhcp excluded address 192.168.60.1” fungsinya untuk “block” alamat 192.168.60.1 agar tidak “tersebar” ke PC client karena IP ini telah digunakan untuk IP Router. Yang terakhir no 4 IP dhcp pool fungsinya untuk masuk ke konfig dhcp, setelah itu ketik “?” lalu Enter dan keluar menu untuk konfigurasi selanjutnya.



Langkah 4
Keterangan, untuk nomor 1 yaitu, default-router, fungsinya sebagai gateway pada jaringan LAN, nomor 2, DNS Server ya fungsinya sebaga server DNS di jaringannya, dan yang terakhir network, yaitu untuk mengatur lokasi networknya lewat IP Address, isi alamat IP nya dan jangan lupa Subnet  masknya.


Langkah 5
Langkah terakhir keluar dari menu config dan simpan konfigurasi tadi dengan mengetik write atau copy running-configure startup-configure.


Pengujian
Pengujian 1
Untuk pengujian bisa di klik salah satu PC clien dan pilih Desktop, lalu pilih DHCP, jika benar maka akan seperti gambar.


Pengujian 2
Kalau secara DHCP sudah benar, lakukan PING dari command prompt PC client, dan Ping 192.168.60.1, jika berhasil akan seperti gambar.




No comments:

Post a Comment